Mencicipi Mie Jalak dan Sate Gurita di Sabang

Berbincang-bincang makanan dengan Bang Amat bermula dengan rasa penasaranku tentang kudapan khas Sabang yang aku temui di beberapa Travel Blog, yaitu Mie Jalak dan Sate Gurita, nama yang unikkan?

Bang Amat bergegas membawa kami menuju Toko Pulau Baru di jalan Perdagangan, Kota Sabang.  Dari kejauhan, aku mengira bahwa Toko Pulau Baru hanya kedai kopi tetapi saat memasukinya, kepulan asap dari mie rebus mulai memantik selera makan.

Kawasan ini masih seperti kawasan unik dengan setting kota zaman dahulu. Mie Jalak sudah terkenal sejak tempo dulu dan identik sebagai kudapan khas Kota Sabang. Melalui rujukan yang ku baca, nama mie jalak sendiri berasal dari julukan Pak Sukianto hen, pemilik Toko Pulau Baru Mie jalak. Mie Jalak merupakan bisnis keluarga turun temurun, Mie Jalak dibuat sendiri dan hanya satu-satunya di Kota Sabang. Kuah Bening kental dan dibagian atas Mie ditaburi dengan potongan-potongan ikan yang dbentuk dadu. Rasanya? Tidak perlu ku jelaskan panjang lebar. Enak!

Mie Jalak

Mie Jalak 

Satu porsi Mie Jalak yang ku nikmati di hargai Rp 12.000, harga yang bersahabat untuk pelancong hemat sepertiku. Hampir setiap hari Toko Mie Jalak Pulau Baru di padati pelancong, warga juga tidak ikut ketinggalan. Selain rasa yag khas, Mie Jalak tak ada di tempat lain. Hanya ada di Kota Sabang, sama halnya dengan Sate Gurita.

Sate Gurita

Sate Gurita

Sate Gurita merupakan kudapan khas Sabang, gurihnya potongan-potongan daging gurita panggang dari perairan Weh. Salah satu lokasinya berada di Pusat Jajanan Sabang Fair. Berbeda dengan Mie jalak, penjual Sate Gurita lumayan banyak.

Taman di Sabang Fair

Taman di Sabang Fair

Aku menikmati Sate Gurita sambil menunggu Senja Kota Sabang yang tidak ingin memperlihatkan wujudnya di Taman Sabang Fair bersama dengan keramaian warga. Daerah yang dikelilingi lautan ternyata juga dikelilingi kuliner yang mengungah selera makan. Jika perut anda keroncongan usai jalan-jalan, tak ada salahnya untuk mencoba Mie Jalak dan Sate Gurita yang menjadi penganan wajib di Kota Sabang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s