Mendaki Gunung?

Mt.Papandayan

Mt.Papandayan

Mt.Prau (2013)

Mt.Prau (2013)

Mendaki gunung membuatku malu 
Menyadarkan bahwa aku tidak ada apa-apanya di muka bumi saat aku berada di atas puncak. Aku malu kepada Tuhan. Aku merasa Kecil, kecil sekali. Rasa malu seperti itu yang lama-lama membuatku menjadi candu. Mungkin itu pula yang dirasakan orang-orang dengan segudang pengalaman dan kisah penjelajahan, baik itu perjalanan atau bahkan mendaki gunung.
Mendaki gunung membuatku menyayangi sesama manusia.
Aku yakin gunung diisi dengan pendaki gunung yang mayoritas orang baik, itu dapat ku temui sewaktu sedang dalam keadaan mendaki, semua ramah, semua membantu bahkan ada yang memberikan air dan saling kenalan.
Mendaki gunung adalah cara belajar adaptasi yang paling sempurna sekaligus paling ekstrem.
Bagaimana tidak? Aku harus beradaptasi dengan dinginnya pagi hari dan teriknya cahaya matahari disiang hari.
Mendaki gunung memaksaku menerima semua jenis kemungkinan, semua jenis pemikiran, tak masalah apakah aku setuju atau tidak. Namun ibarat padi, kian berisi maka kian merunduk.
Mungkin jika sudah tua aku tidak bisa seperti ini lagi, setidaknya jika aku sudah tua aku memiliki segudang kenangan jika masa muda ku tidak dihabiskan dimall, dikos atau bahkan untuk cinta hehehehe
Aku suka mendaki gunung, karena itu sama seperti mengejar impian.
Ibarat mendaki, kita pasti membutuhkan perjuangan untuk mendapatkan pemandangan yang indah. Mendaki gunung itu tidak jauh beda dengan mengejar cita-cita atau menuntut ilmu. Aku menyukai kegiatanku sekarang dalam menuntut ilmu karena aku percaya dan yakin akan ada sesuatu yang baik yang diberikan Tuhan melalui ilmu ini dan aku mengamini itu.
Tinggalkan Balasan

